Herbal

Manfaat Daun Sirih

Daun sirih merupakan tumbuhan menjalar mempunyai banyak manfaat antara lain:

  • mengobati gusi bengkak dan gusi berdarah dengan cara pengobatan ambil 5-6 lembar daun sirih, cuci kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Angkat air rebusan lalu saring dan tambahkan sedikit garam. Selanjutnya gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur secara rutin, 3 kali sehari. Niscaya gusi yang bengkak atau gusi yang berdarah akan berkurang.
  • Mempercepat penyembuhan ambeien. Ketika sakit ambeien kita sering merasa tidak nyaman setiap kali bergerak, maka cara berikut bisa digunakan, ambil kira-kira 10 lembar daun sirih, cuci bersih lalu rebus dengan 1 liter air. Pakai air rebusan daun sirih untuk mencuci bagian yang terserang ambeien setiap buang air besar secara rutin. Dalam beberapa hari ambeien akan segera sembuh.
  • Mengurangi gangguan penyakit jantung: Jika kita dinyatakan terkena penyakit jantung akut jangan cemas dahulu, berikut cara mudah mengurani gejalanya. Ambil 3-5 lembar daun sirih, cuci bersih kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Minum selagi hangat satu gelas setiap hari secara rutin. Hasilnya gangguan jantung kita akan berkurang.
  • Membuat bisul cepat sembuh, untuk mengatasinya ambil satu lembar daun sirih lalu remas-remas hingga daun menjadi lemas kemudian tempelkan pada bisul yang terasa sakit. Tak terasa bisul yang sudah matang akan segera pecah dan mengeluarkan darah kotor. Setelah pecah, bilas dengan air hangat, satu hari kemudian bisul akan mengering.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s