Herbal

Kemangi

Kemangi.jpg

Klasifikasi ilmiah
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Lamiales
Famili : Lamiaceae
Genus : Ocimum
Spesies : O. ×citriodorum
Nama binomial : Ocimum ×citriodorum

Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Di Thailand ia dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat.

Kemangi adalah hibrida antarspesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia dikenal juga sebagai O. basilicum var. anisatum Benth. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya.

Masyarakat Minangkabau menggunakan tumbuhan sejenis kemangi yang dinamakan dengan ruku-ruku yang di dalam Bahasa Thailand disebut sebagai bai kra pao. Ruku-ruku biasanya digunakan untuk memasak gulai ikan dan asam padeh (asam pedas).

Deskripsi
Kemangi adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak. Tanaman ini berbentuk perdu yang tingginya dapat mencapai 100 cm. Bunganya tersusun di tandan yang tegak. Daunnya panjang, tegak, berbentuk taji atau bulat telur, berwarna hijau muda dan berbau harum. Ujung daun bisa tumpul atau bisa juga tajam, panjangnya mencapai 5 cm. Permukaan bergerigi atau juga rata. Wanginya seperti cengkeh dan rasanya pahit.

Persebaran dan habitat
Spesies ini banyak terdapat di Asia dan Amerika. Di Pulau Jawa, kemangi/surawung ditanam di kebun-kebun, di pagar-pagar, di pinggir-pinggir jalan, di lapangan, dan di huma-huma. Umumnya ditanam sebagai tanaman yang dibudidayakan. Walapun demikian, hasil tumbuhan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Asalnya belum diketahui secara pasti. Tumbuhan ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 500 mdpl. Perkembangbiakan tumbuhan ini dapat dilakukan dengan biji.
Manfaat dan Penggunaan Kemangi
Manfaat daun kemangi yang banyak orang ketahui pun sekadar penggunaannya pada aneka kuliner dan tidak membahas tentang manfaat daun kemangi yang lebih mendalam, misalnya tentang manfaat daun kemangi untuk kesehatan.

Di China, tanaman ini digunakan sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, sengatan serangga, obat deman hingga sebagai obat kanker. Banyak negara lainnya yang juga memanfaatkan daun kemangi sebagi obat tradisional, seperti Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan negara-negara Amerika dan Eropa.

Terlepas dari pembuktian secara ilmiah, kemangi secara empiris telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit, baik di Indonesia ataupun negara-negara lain.

Manfaat Kemangi
1. Memelihara kesehatan jantung
Manfaat daun kemangi yang pertama dapat memelihara kesehatan jantung. Daun kemangi kaya akan beta-karoten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Maka dari itu, selain berolahraga dengan rutin dan menjaga pola makan yang sehat, mengonsumsi kemangi secara berkala juga dipercaya dapat memperkuat jantung Anda.

2. Meningkatkan selera makan
Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika banyak orang mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok atau trancam. Manfaat kemangi bisa meningkatkan selera makan dan membuat makan menjadi lahap, karena aroma daun kemangi yang khas.

3. Memperkuat masa hidup sperma dan mencegah kemandulan
Selain melezatkan hidangan, daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma sekaligus mencegah kemandulan. Daun kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen. Manfaat kemangi untuk kesehatan reproduksi ini sangat penting bagi pasangan yang berencana untuk memiliki atau menambah keturunan.

Bila ada yang memiliki keluhan ejakulasi, daun kemangi memiliki kandungan zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat membantu membuat ereksi lebih mudah.

4. Menurunkan gula darah
Banyak orang yang tidak tertarik untuk mengonsumsi daun kemangi karena alasan tertentu atau aromanya yang menyengat. Namun, siapa sangka jika salah satu khasiat daun kemangi untuk kesehatan yang lainnya adalah menurunkan gula darah. Kontrol gula darah Anda agar tetap normal dengan mengonsumsi kemangi secara teratur.

5. Mencegah bau mulut dan bau badan
khasiat daun kemangi untuk kesehatan lainnya adalah mencegah bau mulut dan bau badan. Apabila Anda tidak suka dengan baunya jika harus disantap langsung, Anda juga bisa membuat air perasan daun kemangi yang dicampur dengan kunyit dan daun beluntas lalu meminumnya secara rutin setiap hari.

6. Mengobati masalah vagina, nyeri payudara, batu ginjal & albuminaria
John Henry M dalam bukunya berjudul A Dictionary of Practical Material Medical mengatakan, bahwa khasiat kemangi untuk kesehatan adalah dapat mengatasi penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

7. Mengatasi flu, sakit kepala, cacingan, dan sembelit
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products dari Purdue University, khasiat kemangi ampuh mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit hingga penyakit ginjal.

8. Mengatasi perut kembung, maag, masuk angin dan masalah usus
Masih dari hasil penelitian yang sama, para ahli telah membuktikan manfaat daun kemangi mampu mengobati perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin, hingga mengatasi kejang. Aroma dari daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat nyamuk.

Selain itu, manfaat kemangi lainnya adalah mengatasi masalah pencernaan, infeksi usus, muntah, sakit kepala, demam, hingga radang lambung.

9. Sebagai minyak pijat
Manfaat kemangi bisa dijadikan bahan untuk memijat. Daun kemangi bisa disuling karena mengandung minyak atsiri golongan tinggi di mana aroma kemangi akan hilang dalam waktu 24 jam setelah dioleskan ke tubuh. Minyak atsiri tersebut bisa membuat tubuh lebih segar dan meringankan rasa sakit sehingga sangat baik digunakan sebagai minyak pijat aroma.

10. Menyehatkan otak
Penurunan kemampuan kognitif telah menjadi masalah besar bagi para lansia saat ini. Namun, ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi daun kemangi sangat membantu dalam mencegah degradasi kognitif. Daun kemangi mengandung mineral seperti mangan, yang diamati untuk meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak. Aktivitas ini dikaitkan dengan refleks mental. Ramuan ini juga mengandung tembaga, yang dapat membantu merangsang pikiran – meningkatkan fungsinya.

Metabolisme glikosilceramida juga terkait dengan refleks otak. Glycosylceramides juga dikenal sebagai Sphingolipids pada dasarnya adalah molekul yang bertindak sebagai perisai pelindung untuk otak. Perisai ini melindungi otak dari stres radikal bebas dan oksidatif.

11. Anti penuaan
Daun kemangi mengandung banyak antioksidan. Kerusakan radikal bebas pada kulit dan otak bisa menjadi penyebab utama penuaan. Antioksidan dalam herbal akan membantu mengurangi efek dari sel radikal bebas dan mencegah tubuh dan pikiran dari stres oksidatif yang bertahan lama.

12. Mengatasi epilepsi
Khasiat daun kemangi yang telah diekstrak dapat mengurangi aktivitas spasmodik di otak. Studi lain yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa eugenol dalam daun kemangi juga bermanfaat untuk sistem saraf.

13. Mengatasi arthritis
Arthritis adalah penyakit menyakitkan yang sering menyebabkan cacat fisik. Daun kemangi ditemukan mengandung beta-caryophyllene, yang dapat mengatasi nyeri yang efektif. Mereka juga bahan kimia anti-inflamasi membantu menenangkan sensasi terbakar di persendian yang disebabkan oleh arthritis. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa mereka bebas artritis karena penggunaan daun kemangi dalam makanan mereka.

14. Menyehatkan kulit
Manfaat kemangi bagi tubuh selanjutnya dapat memelihara kesehatan kulit Anda. Minyak daun kemangi membantu membersihkan kulit dari dalam. Pembersih kulit yang sangat baik dan sangat cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Ini juga membantu menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Buat pasta dari daun kemangi, pasta cendana dan air mawar. Oleskan pasta di wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat dari daun kemangi akan membantu mencegah pembentukan jerawat.

15. Kendalikan diabetes
Manfaat daun kemangi baik untuk diabetes. Konsumsi kemangi dapat menghasilkan pelepasan gula yang lambat dalam darah, yang sangat penting bagi penderita diabetes. Ramuan daun kemangi memiliki beban glikemik yang sangat rendah. Minyak esensial terdapat dalam kemangi juga membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko terus-menerus di antara penderita diabetes.

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Kemangi

https://doktersehat.com/manfaat-daun-kemangi-bagi-kesehatan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s