Abunawas

Diselamatkan Egrang

Raja tidak henti-hentinya menguji kecerdasan Abunawas. Maka Raja Harun Alrasyid mengundang Abunawas ke Istana.

“Baginda memerlukan hamba, Tuanku?” tanya Abunawas.

“Ya. Kamu telah mempermainkan aku tiga kali. Itu terlalu banyak. Aku ingin kamu meninggalkan negeri ini. Jika tidak, kamu kumasukkan penjara.”

“Jika ini memang keinginan Baginda,” Abunawas berkata dengan sedih. “Hamba akan mematuhi Baginda.”

“Ingat. Mulai besok kamu tidak boleh menjejakkan kaki di negeri ini lagi,” titah Raja serius.

“Baik, Tuanku.”

Abunawas meninggalkan Istana dengan murung. Esok paginya, Raja telah memerintahkan dua orang pengawal mendatangi rumah Abunawas. Mereka terkejut, karena Abunawas masih berada di rumahnya. Ia bahkan sedang santai berenang di kolam di halaman rumahnya. “Hei, Abu. Mengapa kamu belum meninggalkan negeri ini? Bahkan raja telah memerintahkanmu agar tidak menginjakkan kakimu di negeri ini lagi, kan”

“Tentu saja,” jawab Abunawas tenang. “Tapi lihat aku. Apakah aku menginjakkan kakiku di tanah? Tidak, kan? Aku berenang. Aku di dalam air.”

Para pengawal tidak bisa berdebat. Maka mereka segera kembali ke Istana melaporkan apa yang telah mereka lihat. Raja ingin tahu alasan Abunawas yang tidak segera meninggalkan negerinya. Untuk itu ia memanggil Abunawas lagi. Dan Abunawas dating ke Istana menggunakan egrang!

“Abu, aku sungguh-sungguh akan menghukummu, karena kamu menentang perintahku. Dan sekarang, lihat! Kamu berjalan diatas egrang seperti kanak-kanak. Sudah gila ya kamu?” kata Raja pura-pura sangat marah.

“Hamba ingat semua perintah Baginda,” Abunawas menjawab kalem. “Pagi ini hamba mandi di kolam renang sehingga hamba tidak menjejakkan kaki di tanah. Dan sejak kemarin hamba selalu berjalan di atas egrang. Jadi, seperti yang Baginda lihat, saya tidak menjejakkan kaki di tanah.”

Raja tidak bisa berkata apa-apa. Ia harus mengakui bahwa Abunawas memang sangat cerdas. Raja akhirnya menawari Abunawas minum. Abunawas senang, tersenyum lebar. @@@

 

Sumber: Mentari Edisi 423 Tahun 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s