Fabel

Yang Paling Kuat

Hasil gambar untuk gambar kartun tikus, awan, matahari, angin

Pada suatu masa di Jepang, hiduplah sepasang Tikus dengan anak mereka yang cantik. Putri Tikus itu berbulu tebal, berwarna abu-abu mengkilap, telinga lebar dan kedua matanya bercahaya. Kedua orang tuanya sangat bangga padanya. Karena itu, mereka ingin agar putrinya menikah dengan makhluk paling kuat, di dunia ini.

Karena mengira makhluk yang paling kuat adalah Matahari, orang tua Tikus pun menghadap Matahari.

“Tuan Matahari, kedatangan kami kesini adalah meminta Tuan untuk menikahi puteri kami. Karena, Tuan adalah makhluk yang paling kuat,” tutur orang tua Tikus.

“Tuan dan Nyonya, aku tersanjung dengan permintaan kalian. Tapi, aku meragukan diri sebagai makhluk paling kuat di dunia ini,” jawab Matahari.

“Jika bukan Tuan, siapakah yang terkuat di dunia ini?” tanya orang tua Tikus.

“Saat aku menyinari bumi, sering Awan menutupi sehingga sinarku tidak sampai bumi. Aku bahkan tidak bisa melakukan apa-apa, untuk mengusir Awan,” jelas Matahari.
Lalu orang tua Tikus menemui Awan dan mengatakan keinginan mereka.

Hasil gambar untuk gambar kartun tikus, awan, matahari, angin

“Aku tersanjung dengan kedatangan kalian. Aku memang bisa menghalangi sinar Matahari. Tapi aku tidak sanggup melawan Angin. Saat ia meniupku, aku menjadi terpecah-pecah,” jawab Awan.

Mendengar penjelasan Awan, orang tua Tikus menemui Angin.

“Aku memang mampu mengusir Awan. Tapi aku tidak mempunyai kekuatan, jika harus berhadapan dengan tembok yang kuat yang menghalangiku,” jawab Angin.

Dengan tidak berputus asa, orang tua Tikus itu pergi menemui Tembok, dan mengungkapkan keinginan yang sama.

“Benar, aku mempunyai kekuatan untuk menahan angin. Tapi, aku terganggu dengan tikus-tikus yang menggali lubang, di tubuhku. Aku tidak berdaya melawan mereka. Jadi, carilah seekor Tikus muda yang gagah dan tampan, untuk menikahi puterimu yang jelita,” kata Tembok.

Jawaban dari Tembok sangat memuaskan hati Tuan dan Nyonya Tikus. Mereka akhirnya menemukan seekor Tikus muda yang gagah dan tampan, untuk dinikahkan dengan puterinya.

Hasil gambar untuk gambar kartun tikus, awan, matahari, angin

Perayaan pernikahan diadakan secara meriah. Selang beberapa saat, Tuan dan Nyonya Tikus diakuriniai banyak cucu yang lucu. Dan mereka hidup bahagia hingga sekarang. @@@

 

Mentari, Edisi 451 Tahun 2008

1 thought on “Yang Paling Kuat”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s