Sains

Gerhana Bulan

Hasil gambar untuk gambar gerhana bulan

Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada diantara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.

Dengan penjelasan lain, gerhana bulan muncul bila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°, maka tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 buah titik potong yang disebut node, yaitu titik dimana bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana bulan ini akan terjadi saat bulan beroposisi pada node tersebut. Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya. Maka seharusnya, jika terjadi gerhana bulan, akan diikuti dengan gerhana matahari karena kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara matahari dengan bumi.

Sebenarnya, pada peristiwa gerhana bulan, seringkali bulan masih dapat terlihat. ini dikarenakan masih adanya sinar matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi. Dan kebanyakan sinar yang dibelokkan ini memiliki spektrum cahaya merah. Itulah sebabnya pada saat gerhana bulan, bulan akan tampak berwarna gelap, bisa berwarna merah tembaga, jingga atau pun cokelat.

Gerhana bulan dapat diamati dengan mata telanjang dan tidak berbahaya sama sekali.

 

Jenis-Jenis Gerhana Bulan

Gerhana bulan dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu

Hasil gambar untuk gambar gerhana bulan sebagian

 

  • Gerhana bulan total. Gerhana bulan total dibagi menjadi 2 yaitu:

– Gerhana bulan total negatif: pada gerhana ini, bulan akan tepat berada pada daerah NTT dan warna bulan menjadi merah dan tidak rata.

– Gerhana Bulan total positif: pada gerhana ini, bulan melalui titik pusat daerah umbra dan warna bulan menjadi merah merata.

  • Gerhana bulan sebagian

Pada gerhana ini, bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lain berada di daerah penumbra. Sehingga masih ada sebagian sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan.

  • Gerhana bulan penumbra

Pada gerhana ini seluruh bagian bulan berada dibagian penumbra. Sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.

Hasil gambar untuk gambar gerhana bulan

 

Dampak dan Fakta Akibat Gerhana Bulan

Pasang Ombak Laut Dampak Akibat Gerhana BulanFenomena yang menarik untuk dilihat dan aman meskipun di amati menggunakan mata telanjang maupun teleskop ini ternyata memberikan dampak pada bumi. Dampak tersebut antara lain:

1. Naiknya permukaan air laut

Gerhana bulan dapat menyebabkan naiknya permukaan air laut akibat gravitasi bulan sehingga terjadi fenomena air laut pasang. Jika gerhana bulan yang terjadi merupakan gerhana total, biasanya fenomena pasang ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan dengan ombak yang keras, bahkan dapat menyebabkan banjir.

2. Penurunan suhu udara

Beberapa gerhana bulan dapat menyebabkan penurunan temperatur namun tidak begitu signifikan seperti gerhana matahari. Di beberapa kawasan tertentu, gerhana bulan menyebabkan kondisi yang berbeda pada hewan liar selama fenomena itu berlangsung. Beberapa mitos menyebutkan bahwa gerhana bulan memberikan dampak pada kehamilan namun belum ada penelitian yang membuktikannya.

3. Gerhana bulan dengan durasi terlama pada abad 21.

Gerhana yang akan terjadi pada 28 Juli dini hari nanti akan menjadi gerhana bulan total dengan durasi terlama pada abad 21. Durasi gerhana diprediksi memiliki durasi lebih dari 103 menit. Memang lama karena saat itu bulan berada di titik jauh dari bumi.

4. Dapat melihat Planet Mars.

Selain memiliki durasi terlama, Mars akan terlihat dari bumi selama gerhana bulan tersebut. Nantinya purnama akan meredup dan sedikit warna kemerahan berpendar. Pada satu titik terang kemerahan di samping kiri purnama tersebut adalah planet Mars.

5. Dihiasi hujan meteor.

Fakta ini dikonfirmasi oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin. Dilansir brilio.net dari liputan6, namun hujan meteor tersebut nantinya akan berlangsung bersamaan dengan gerhana bulan total terlama. Oleh karena itu, hujan meteor tidak akan bisa dilihat secara utuh.

6. Disebut Micro Blood Moon

Gerhana bulan total terlama ini nantinya bakal disebut Micro Blood Moon. Masih menurut Thomas, bulan yang tampak pada gerhana akan berwarna merah darah. Hal yang tidak terjadi pada gerhana bulan sebagian. Untuk itu gerhana bulan total disebut juga sebagai fenomena bulan merah darah alias Blood Moon.

7. Dampak terhadap cuaca

Meski gerhana bulan kali ini spesial, namun LAPAN mengimbau kepada masyarakat Indonesia agar tetap waspada terkait dampak yang ditimbulkan. Imbauan yang dimaksud yaitu adanya gelombang tinggi di laut dengan pasang maksimum saat purnama dan gerhana bulan. Sementara saat purnama, gaya pasang surut bulan diperkuat gaya pasang surut matahari.

 

Posisi Bulan Ketika Gerhana

Posisi Bulan Ketika GerhanaGerhana bulan dikenal sebagai fenomena alami yang terjadi ketika bulan, bumi, dan matahari saling beroposisi. Posisi bulan saat gerhana sebenarnya bermacam-macam, tergantung pada jenis gerhana bulan yang terjadi. Dalam penelitian mengenai gerhana bulan diketahui beberapa daerah bayangan bumi berdasarkan garis singgung antara matahari dengan bumi. Daerah-daerah tersebut dikenal dengan nama umbra dan penumbra.

Jika bulan berada tepat di tengah bayangan bumi bagian umbra, maka yang akan terjadi adalah fenomena gerhana bulan total. Ketika penampang bulan hanya sebagian saja yang berada di daerah umbra, maka akan gerhana yang terjadi adalah gerhana sebagian. Sedangkan jika bulan berada di daerah bayangan bumi begian penumbra, maka gerhana bulanyang terjadi adalah gerhana penumbra. Masing-masing gerhana ini terjadi lebih lama daripada gerhana matahari yaitu berlangsung selama beberapa jam.

 

Referensi

  1. Materi Gerak Bumi dan Bulan Kelas VI – Agus Fany Chandra Wijaya – Digital Learning Lesson Study – 2010
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Gerhana_bulan
  3. https://www.brilio.net/wow/5-fakta-dampak-gerhana-bulan-total-bisa-lihat-planet-mars-180727u.html#

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s