Cerita Anak

Mencuri

Hasil gambar untuk gambar kartun pantai

Dino melamun seharian di pantai. Hatinya kacau. Ia bingung dan malu. Rasanya tak sanggup bersekolah kembali. Ia telah mencuri uang Rudi. Ia terpaksa melakukannya, karena tidak bisa membayar uang sekolah. Sekarang ini tinggal penyesalan dan malu yang luar biasa. Teman-temannya mulai tidak percaya dan menjauh.

“Siapa pun orangnya tidak ingin mencuri,” batin Dino, sambil menangis sesegukan. Tiba-tiba pundaknya dipegang seseorang. Rupanya Pak Hisyam, guru matematikanya.

“Mengapa tidak ke sekolah? Kau lari dari kenyataan. Jangan bersedih, Dino. Apakah ada dalam dirimu, rasa penyesalan setelah mencuri?” tanya Pak Hisyam. Dino mengangguk sedih, sambil menyeka air matanya.

“Kalau masih ada rasa penyesalan dan janji tidak akan mengulangi lagi, berarti kau anak yang baik. Kau akan mengambil hikmah dalam perkara ini. Suatu saat nanti, kau pasti menjadi orang yang berhati-hati, tidak ceroboh dan sukses,” jelas Pak Hisyam, sambil tersenyum.

Dino pun mulai berpikir kembali. Ia harus menjadi anak yang lebih baik. Semua perbuatan pasti ada resikonya. Kalau sekarang dan besok, ia di cemooh teman-temannya. Wajar saja! Ia harus menerima dengan lapang dada.

“Terima kasih atas nasihatnya, Pak. Saya memang sangat menyesal. Saya selalu menyalahkan kedua orang tua, yang tidak bisa memberi uang sekolah, hingga saya harus mencuri. Besok saya akan mencari pekerjaan apa saja, untuk membayar uang sekolah. Saya ingin mewujudkan cita-cita saya,” ujar Dino mantap.

“Kalau begitu, kau besok bisa ke rumah bapak. Bapak memiliki usaha kecil-kecilan penjualan Koran. Kau bisa mengantarkan Koran ke pelanggan, sebelum berangkat ke sekolah,” kata Pak Hisyam sambil berlalu pulang. Hati Dino mulai lega. Ia berjanji, akan selalu menjadi anak yang baik. @@@

 

Mentari, Edisi – Tahun –

2 thoughts on “Mencuri”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s