Herbal, Sains

Jenis-Jenis Pohon Bidara

Dalam pengelompokan jenis daun bidara rata-rata termasuk dari Rhamnaceae yang mana adalah jenis tumbuhan yang berbunga dan ada juga yang berjenis Convolvulaceae.

Pohon Bidara terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah Bidara Sidr, Bidara Laut, dan Bidara Cina. Disamping itu, ada juga Bidara Upas, dan Putsa yang juga memiliki beberapa manfaat, dan khasiat.

 

Bidara Sidr dari Negara Arab

jenis pohon bidara arab

 

Jenis bidara sidr berasal dari Arab atau yang biasa disebut bidara arab. Bidara Sidr adalah salah satu jenis Pohon Bidara, yang banyak dicari orang di berbagai negara. Pasalnya, daun Pohon Bidara Sidr ini selain bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan juga bisa sebagai media untuk ruqyah dari gangguan jin dan sejenisnya.

Bukan hanya daunnya saja yang mempunyai banyak manfaat dan khasiat, Pohon Bidara Sidr juga mempunyai buah yang bisa diolah menjadi minuman segar yang menyehatkan bagi tubuh.

Pohon Bidara Sidr ini tumbuh dikawasan yang kering seperti di beberapa negara arab dan negara asia barat lainnya.

Namun dalam perkembangannya, sekarang ini sudah banyak orang yang menjual bibit Pohon Bidara Sidr. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang mengolah daun Pohon Bidara Sidr menjadi sabun kecantikan.

 

 

Bidara Upas

jenis daun bidara upas

Sedikit berbeda dengan Pohon Bidara lainnya yang mempunyai banyak duri pada bagian batangnya, Jenis Pohon Bidara yang satu ini tidak memiliki duri sama sekali pada bagian batang pohon dan rantingnya.

Tumbuhan merambat ini banyak ditemukan di hutan-hutan kawasan Indo-China dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina, Malaysia, dan Indonesia (Pulau Jawa, Pulau Ambon, dan Pulau Bali).

Bidara upas mempunyai karakteristik daun berbentuk lebar seperti pangkal hati, berwarna hijau tua dan tanaman ini memiliki umbi yang dapat dimakan.

Disamping itu, berdasarkan defenisinya, Bidara Upas juga sedikit berbeda dengan beberapa Pohon Bidara lainnya. Dimana, Bidara Upas didefenisikan sebagai jenis tumbuhan umbi-umbian yang merambat.

Kemudian warna bunga umumnya adalah putih dan warna umbinya kuning kecoklatan. Juga tinggi tanaman ini bisa mencapai 5 meter, yang mana memiliki batang yang kecil dan tumbuh secara menjalar.

Biasanya, daun dan umbi Bidara Upas banyak digunakan orang untuk mengobati berbagai jenis penyakit, mulai dari diabetes, kencing batu, tuberkolosis, hingga syphilis, dan beberapa penyakit lainnya.

 

Bidara Cina

jenis pohon daun bidara cina

Bidara Cina atau biasa disebut ziziphus jujuba atau Ziziphus Zizyphus(dari bahasa Yunani) adalah salah satu jenis pohon bidara yang rindang dan berbuah seperti apel saat masih muda umur buahnya.

Hanya saja, ketika buahnya tersebut sudah tua dan matang akan berubah warna menjadi cokelat kehitam-hitaman dengan tekstur keriput seperti buah kurma berbiji satu, yang keras seperti biji buah zaitun.

Dinamakan ” Bidara Cina “ karena tanaman yang satu ini banyak dibudidayakan dikawasan China bagian utara.

Pohon daun bidara ini bisa mencapai ketinggian antar 5-10 meter dengan ranting kayu uyang berduri berduri.

Tanaman ini ketika sedang berbunga ia menampilkan 5 kelopak bunganya yang berwarna hijau kekuningan. dia juga memiliki buah yang berwarna hijau berbentuk oval dan  dapat dimakan.

 

 

Bidara Laut

jenis daun bidara laut

Jenis Pohon Bidara berikutnya yaitu Bidara Laut dengan nama latin ” Strychnos Lucida “. Sesuai dengan namanya, habitat dari Pohon Bidara Laut ini adalah sebuah hutan yang lokasinya dekat dengan pantai atau laut.

Bidara laut mempunyai batang pohon yang kecil dan struktur kayunya keras. Pohon bidara laut pada umumnya bengkok, dengan cabang yang menyebar dan rantingnya mempunyai rambut pendek.

Bentuk daun bidara laut adalah cenderung oval, tidak bergerigi di pinggirnya. Panjang daun dapat mencapai 29 cm dan lebarnya sekitar 2 cm. Permukaan daun bagian atas mengkilap.

Tanaman perdu ini memiliki bunga yang muncul dari ketiak daun. Bentuk bunganya adalah payung menggarpu, berwarna kuning dan aromanya cukup harum.

Pohon Bidara Laut ini bisa ditemukan di beberapa kawasan di Indonesia dengan nama yang berbeda-beda. Misalnya di Pulau Sumatera lebih dikenal dengan nama Bidara Putih, Bidara Pahit, dan Kayu Ular.

Sedangkan di Pulau Jawa lebih dikenal dengan nama Dara Putih, dan Dara Gunung. Dan di Pulau Madura lebih dikenal dengan nama Buin dan Songga. Sementara Orang Bugis menyebutnya dengan nama Aju Mapai atau Bidara Mapai.

Sedangkan buah bidara laut berbentuk bulat dengan garis tengah terbesar 4 cm, warnanya kuning agak kemerahan. Buah ini akan berwarna kehitaman setelah tua (matang).

Umumnya masyarakat mengolah daun bidara ini dengan cara direbus dan kegunaan kayu bidara ini untuk mengobati penyakit rematik, sariawan, penyakit kulit, demam, malaria dan sebagian pencuci darah alami

 

 

Putsa (Apel India)

jenis bidara putsa atau apel india

Putsa adalah tanaman yang sejenis dengan daun bidara yang mana bentuk pohon putsya dan bidara ini sangat mirip sekali sampai agak sulit untuk dibedakan.

Biasanya pohon bidara ini di pakai atau dicangkokkan sebagai batang bawah jika ingin menyambungkan bibit apel putsa.

Kalau tumbuhan yang satu ini bukan termasuk dalam keluarga Pohon Bidara (Rhamnaceae), melainkan masuk ke dalam keluarga Pohon Apel. Makanya, tumbuhan ini disebut juga dengan nama ” Apel India “.

Disamping itu, buahnya juga mirip sekali dengan buah Apel pada umumnya dengan rasa manis tanpa rasa asam, dan pohon dan rantingnya juga tidak berduri, berbeda dengan Pohon Bidara yang berduri pada batang dan rantingnya.

Untuk perbedaan nya ada beberapa yang menonjol antara pohon putsa dengan daun bidara.

  1. Pertama, pohon bidara ini lebih banyak durinya daripada pohon putsa yang cendrung tidak berduri.
  2. Kedua, buah apel putsa jauh lebih besar dari pada buah bidara.
  3. Ketiga, bidara ini cendrung pertumbuhannya lebih cepat, daun nya juga lebih lebar, dan berwarna hijau muda.

Sedangkan pohon apel putsa pertumbuhannya cendrung lebih lambat, daunnya yang kecil dan berwarna hijau tua.

Sekedar mengingatkan jika anda sudah menanam pohon putsa Lalu, tiba-tiba saja muncul batang yang tumbuh dari bagian bawah pohon. Yang mana sangat mirip akan tetapi berduri dan daun nya lebih lebar, Itu artinya tumbuh pohon bidara.

 

 

 

 

https://www.ilmutoday.com/2019/08/jenis-pohon-bidara.html

Jenis Pohon Bidara

 

5+ Jenis Pohon Bidara

Beberapa jenis Pohon Bidara berikut ini sangat wajib untuk diketahui. Pasalnya, tanaman yang satu ini mempunyai banyak sekali mamfaatnya, dan kedudukan tanaman ini sangat mulia dalam sunnah nabi.

.

4 thoughts on “Jenis-Jenis Pohon Bidara”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s