Fabel

Anastasya Si Penyayang Binatang

Hasil gambar untuk gambar kartun binatang

Di suatu tempat, hiduplah seorang gadis yang cantik jelita, Anastasya namanya. Ia tinggal sebatang kara, di sebuah gubuk kecil. Walau begitu, ia selalu gembira, karena selalu dihibur oleh binatang-binatang sahabatnya. Ya, Anastasya adalah penyayang binatang. Hampir semua binatang yang tinggal di sana menjadi sahabatnya.

“Ah, syukur kepada Tuhan. Aku tidak kesepian dengan kehadiran teman-teman,” kata Anastasya. Dan, hari-hari dilaluinya dengan penuh suka cita.

Suatu hari, Anastasya bermain di tepi hutan. Ia hendak mencari buah chery kesukaannya. Sewaktu asyik bermain, Anastasya mendengar rintihan minta tolong. Segera ia mencari suara itu dan di dapatinya seekor burung merpati, sedang terjerembab diantara ranting pohon yang patah.

“Aduh … aduh …, tolonglah aku. Aku tidak bisa terbang dengan sayap terjepit seperti ini,” keluh burung merpati. Anastasya pun menolongnya. Dibawanya burung itu pulang, dan dirawat dengan penuh kasih sayang. Dua tiga hari berlalu, merpati itu bisa mengepakkan sayapnya kembali.

“Oh … terima kasih Anastasya. Suatu saat, aku akan membalas kebaikanmu. Bila kamu membutuhkan pertolonganku, bersiullah. Aku akan segera membantumu,” kata merpati sebelum pergi. Anastasya melepas kepergian merpati, dengan senyum bahagia. Ia senang melihat merpati sehat kembali.

Beberapa hari berlalu, Anastasya menghampiri anak yang bermain, di tanah lapang. Mereka seenaknya menangkap kupu-kupu, sehingga patah sayapnya. “Aduh … kasihan kamu. Ayo, ikut aku pulang. Akan aku obati kamu sampai sembuh,” ujar Anastasya pada kupu-kupu.

Selang beberapa hari, kupu-kupu sehat kembali. Sayapnya mulai kuat untuk terbang. Sebelum pergi, kupu-kupu berpesan pada Anastasya, “Terima kasih, gadis baik. Kalau membutuhkan pertolonganku, tepuk tanganmu tiga kali, pasti aku akan datang.”

Begitulah Anastasya, hidupnya selalu bahagia dengan binatang-binatang sahabatnya. Sampai suatu ketika, saat sedang bermain di hutan, ia tersesat dan tidak bisa menemukan jalan pulang.

“Aduh … mengapa begitu cerobohnya aku, sehingga bermain terlalu jauh begini?”
Anastasya berusaha mencari jalan pulang, ia terus berjalan dan berjalan. Namun, semakin ia berjalan, semakin dalam masuk ke hutan. Saat lelah menghampirinya, ia teringat burung merpati yang ditolongnya dulu. Ia kemudian bersiul dan dalam sekejap, merpati muncul dihadapannya.

“Apa yang bisa kubantu, Gadis Baik Hati?” tanya merpati itu.

“Tolonglah aku. Tunjukkan aku jalan pulang. Aku tersesat,” kata Anastasya.

“Oh, begitu. Itu soal mudah,” lalu merpati itu terbang tinggi, untuk melihat rumah Anastasya.

“Tenanglah gadis baik, aku sudah tahu letak rumahmu. Sekarang ikutilah aku, akan kutunjukkan jalan sampai ke rumahmu,” kata merpati itu. Dan mereka pun beriringan, sampai di rumah Anastasya. Tak lupa Anastasya berucap terima kasih, pada merpati.

Pagi ini, angin bertiup sepoi-sepoi, menyejukkan alam raya. Anastasya duduk di depan rumahnya. Tiba-tiba, ia teringat bahwa hari ini adalah hari ulang tahunnya. Ia ingin merayakannya dengan sahabat binatangnya. Ia lalu mempersiapkan segala sesuatu, termasuk makanan dan minuman kecil. Namun, masih ada yang kurang. Anastasya ingin pesta yang dihiasi bunga-bunga beraneka ragam. Ingin ia mencarinya di hutan, namun ia takut tersesat. Ia kemudian teringat pada kupu-kupu, yang pernah di tolongnya. Segera Anastasya bertepuk tangan tiga kali. Ia meminta tolong pada kupu-kupu, untuk dibawakan bunga aneka warna dari hutan, sebagai penghias pesta ulang tahunnya.

“Itu soal mudah,” jawab Kupu-kupu. Beberapa saat kemudian, bunga-bunga yang berbau harum dan indah datang diantar kawanan kupu-kupu, yang banyak jumlahnya.

“Oh … terima kasih semua. Pesta ulang tahunku jadi meriah, dengan bunga-bunga dan kehadiran sahabatku semua,” kata Anastasya dengan bahagia, diantara para sahabatnya yang datang. Tampak bahagia pula tupai, angsa, katak, dan binatang lainnya. Mereka bersuka ria, merayakan ulang tahun Anastasya, yang selama ini sudah menyayangi mereka. @@@

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s