Herbal

Manfaat Biji Mahoni

Gambar terkait

Buah mahoni memiliki beberapa kandungan zat kimia yang bermanfaat untuk kesehatan serta mempunyai manfaat yang sangat menakjubkan. Manfaat buah mahoni ini terutama berguna bagi kesehatan tubuh Anda. Selain untuk kesehatan tubuh, buah mahoni juga bermanfaat untuk hal lainnya.

1. Flavonoid

Flavonoid adalah senyawa fenolik yang mengandung banyak pigmen tanaman. Selain pada biji mahoni, flavonoid juga terdapat pada ginkgo biloba dan tongkat ali. Flavonoid bermanfaat bagi manusia terutama karena merupakan antioksidan yang dapat memusnahkan radikal bebas dan racun serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh.  Enzim antioksidan dalam kandungan biji mahoni efektif untuk memerangi berbagai penyakit yang secara langsung atau tidak langsung disebabkan oleh oksidasi, seperti penumpukan lemak jahat (LDL), tekanan darah tinggi dan masalah jantung. Manfaat kesehatan dalam kandungan flavonoid dijelaskan sebagai berikut:

  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Mencegah timbulnya arterosclerosis
  • Mencegah penumpukan lemak di dinding pembuluh darah
  • Menurunkan tingkat kolesterol darah
  • Mengurangi risiko emboli koroner
  • Mendorong produksi zat antibodi yang dapat membantu mencegah peradangan jaringan
  • Meringankan sakit, menghentikan perdarahan, dan mengurangi gejala yang disebabkan oleh luka eksternal
  • Menyingkirkan radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh
  • Mencegah reaksi oksidatif dalam tubuh

2. Saponin

Saponin adalah glukosa yang membentuk busa sabun jika dicampurkan dengan air. Ini merupakan sabun alami yang berasal dari tumbuhan dan diketahui memiliki sifat hipoglikemik bila dikonsumsi secara oral. Saponin juga dapat kita temukan dalam ginseng, namun kandungan saponin pada biji mahoni lebih tinggi. Saponin berfungsi untuk mengobati diabetes melitus, efek hipoglikemik dari saponin bahkan lebih kuat daripada obat antidiabetes generik, terutama metformin. Selain bermanfaat untuk melawan diabetes, saponin juga memiliki manfaat lain, yaitu:

  • Mengurangi lemak darah dan mencegah obesitas
  • Meningkatkan ketahanan tubuh dan memperkuat fisik
  • Mencegah agregasi trombosit darah untuk menghindari penggumpalan darah
  • Mengobati berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh alergi terutama asma.
  • Mengobati disfungsi ereksi, terutama yang berkaitan dengan diabetes.
  • Mencegah pembekuan darah dan insomia.

3. Alkaloid

Salah satu manfaat terbesar pada biji mahoni terdapat pada kandungan alkaloid. Hal ini telah dibuktikan bahwa sebagian besar penyakit terjadi ketika tingkat pH tubuh terlalu rendah. Segala sesuatu yang mencemari tubuh seperti racun dan radikal bebas merupakan asam alami. Kandungan alkaloid efektif untuk detoksifikasi dan mencegah oksidasi pada tubuh karena tubuh kita menjadi basa. Keadaan basa pada tubuh dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah mahoni bagi kehidupan manusia:

1. Meningkatkan kesuburan wanita

Manfaat buah mahoni bisa meningkatkan kesuburan wanita. Bagi Anda yang ingin segera hamil maka mengonsumsi buah mahoni bisa meningkatkan kesuburan Anda. Konsumsilah buah mahoni secara teratur dan tidak berlebih agar cepat hamil.

2. Meningkatkan nafsu makan

Apakah Anda termasuk orang yang sulit menambah berat badan dikarenakan nafsu makan yang rendah? Konsumsilah buah mahoni karena buah mahoni bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Peningkatan nafsu makan akan membuat berat badan Anda mengalami kenaikan sebagaimana yang diinginkan.

3. Mengontrol kadar gula darah

Apabila Anda memiliki masalah dengan kadar gula darah maka Anda bisa menggunakan buah mahoni. Buah mahoni bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap normal sehingga diabetes bisa dicegah. Kandungan saponin yang ada di dalam buah mahoni memiliki peran penting terhadap kadar gula darah normal.

4. Sebagai suplemen bagi tubuh

Anda tidak perlu membeli suplemen multivitamin dan mineral dengan harga yang cukup mahal. Manfaat buah mahoni bisa sebagai suplemen kesehatan bagi tubuh. Suplemen yang terbuat dari buah mahoni ini bisa menyuplai zat-zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

5. Mengatasi pilek dan hidung tersumbat

Pilek dan hidung tersumbat merupakan masalah medis yang sering terjadi bagi kebanyakan orang. Jangan tergesa-gesa untuk mengambil obat batuk dan pilek karena Anda bisa memanfaatkan buah mahoni.

Manfaat buah mahoni bisa mengatasi pilek dan hidung tersumbat. Caranya adalah dengan menyeduh mahoni bersama air panas. Anda juga bisa menambahkan madu agar rasanya lebih nikmat. Konsumsilah sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

6. Meredakan demam

Selain untuk mengatasi pilek, buah mahoni juga memiliki manfaat untuk meredakan demam. Demam akan berkurang secara berangsur dengan mengonsumsi buah mahoni bersama pemanis alami seperti madu.

7. Meredakan nyeri haid

Pada beberapa wanita, nyeri haid kerap kali dialami pada saat fase menstruasi berlangsung. Nyeri haid biasanya mengganggu aktivitas. Anda tidak perlu menggunakan obat pereda nyeri untuk mengatasi nyeri haid ini. Konsumsilah buah mahoni agar rasa sakit saat haid menjadi berkurang.

8. Mengobati sembelit atau konstipasi

Sulit buang air besar atau sembelit biasa dialami oleh hampir semua orang dewasa. Kondisi ini menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Aktivitas dan konsentrasi sering kali terganggu sehingga urusan Anda banyak yang tertunda. Anda bisa mengonsumsi buah mahoni untuk mengobati konstipasi atau sembelit ini sehingga Anda bisa beraktivitas seperti biasa.

9. Mengatasi eksim

Apakah Anda memiliki eksim di bagian tubuh tertentu? Eksim merupakan kondisi medis yang membuat orang merasa gatal dan ingin sering menggaruk sehingga kulit menjadi perih. Segeralah atasi eksim Anda dengan buah mahoni. Hal ini dikarenakan manfaat buah mahoni bisa untuk mengatasi eksim di kulit.

10. Mengatasi rematik

Orang-orang yang memiliki masalah medis berupa rematik bisa memanfaatkan buah mahoni sebagai obat rematik. Buah mahoni bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada otot atau sendi tertentu. Mengonsumsi buah mahoni bisa mengurangi rasa sakit akibat rematik.

11. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital. Setiap orang seharusnya menjaga jantung agar tetap sehat sehingga memiliki sirkulasi darah yang lancar dan metabolisme yang sehat. Kandungan flavonoid pada buah mahoni memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Peningkatan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh ini sangat baik bagi jantung. Selain itu, kandungan saponin yang juga hadir di dalam buah mahoni bisa menjaga kesehatan jantung sehingga masalah sistem kardiovaskular bisa dicegah.

12. Mengobati penyakit diabetes

Sebelumnya telah disebutkan bahwa manfaat buah mahoni bisa mencegah penyakit diabetes karena mampu mengontrol kadar gula darah agar tetap normal. Bagi para penderita diabetes, buah mahoni bermanfaat untuk mengobati masalah diabetes ini.

Konsumsilah buah mahoni secara teratur maka kadar gula darah yang tidak stabil bisa kembali normal. Kadar gula darah normal ini akan membuat penyakit diabetes Anda bisa berangsur membaik dan segera sembuh.

13. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Apakah penyakit Alzheimer cukup menakutkan? Penyakit Alzheimer memang terkesan menyeramkan bagi orang tertentu. Hal ini dikarenakan penyakit ini seolah membuah orang menjadi tidak bisa menggunakan pikirannya.

Anda tidak usah menyimpan rasa takut atau khawatir terhadap penyakit Alzheimer ini. Manfaat buah mahoni bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit Alzheimer. Konsumsilah buah mahoni sebelum makan berat secara rutin untuk mencegah terjadinya Alzheimer.

14 Mengobati tekanan darah tinggi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa membahayakan keselamatan diri Anda. Kondisi hipertensi bisa menimbulkan berbagai komplikasi masalah medis seperti stroke, gagal jantung, diabetes, dan lainnya. Konsumsilah buah mahoni karena bermanfaat untuk mengobati tekanan darah tinggi.

15. Sebagai antioksidan bagi tubuh

Buah mahoni mengandung zat tertentu yang bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh. Zat tersebut akan menolak radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas yang tidak dihalau bisa menimbulkan banyak masalah seperti penyakit kanker. Selain itu, antioksidan juga akan membuat Anda terlihat awet muda.

16. Mengurangi lipid darah

Kadar lipid darah yang tinggi seperti trigliserida dan kolesterol LDL bisa memicu terjadinya penyakit degeneratif. Kadar kolesterol LDL dan trigliserida harus diturunkan agar tubuh tetap sehat. Mungkin Anda tidak menyangka sebelumnya bila buah mahoni bermanfaat untuk mengurangi lipid darah yang menghambat aliran darah.

17. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Setiap orang pastinya ingin tetap sehat. Akan tetapi, berbagai kuman penyakit dan virus ada di mana-mana dan siap menginfeksi tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang dimiliki oleh semua orang mampu melawan bakteri atau virus penyebab penyakit.

Tubuh yang tetap sehat dan tidak mudah sakit memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Manfaat buah mahoni bisa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh selalu siap melawan kuman-kuman dan virus yang masuk ke dalam tubuh.

18. Sebagai bubuk pengusir serangga

Tidak hanya terbatas untuk kesehatan tubuh, buah mahoni juga bisa dimanfaatkan sebagai obat pengusir serangga. Buah mahoni mengandung saponin yang bisa mencegah serangga untuk hinggap dan datang seperti nyamuk malaria. Bagi Anda yang seringkali merasa terganggu dengan kehadiran serangga maka Anda bisa mengusirnya dengan buah mahoni.

19. Sebagai pewarna kain

Manfaat buah mahoni juga bisa sebagai pewarna kain. Meskipun buah mahoni berwarna coklat tetapi warna yang akan dihasilkan dari tanaman mahoni berwarna kuning. Anda bisa mendapatkan warna kuning ini dengan merebus kain bersama mahoni yang belum dikupas.

20. Sebagai lem atau perekat

Buah mahoni memiliki bagian yang disebut dengan getah. Getah buah mahoni bermanfaat untuk dijadikan sebagai lem atau perekat. Anda pun bisa memiliki lem alami yang terbuat dari buah mahoni.

Serta manfaat biji mahoni lainnya:

  • Sistem peredaran darah: Bermanfaat dalam mengurangi kondisi hipertensi, hiperlipemia, arterosklerosis, penyakit kardiovaskular, stroke, kejang, arthritis, varises vena, gangguan sirkulasi darah, dll.
  • Sistem kekebalan: Bermanfaat dalam mengatur dan memperkuat sistem kekebalan, anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-virus, anti-tumor, anti-kanker, dll.
  • Sistem endokrin (termasuk masalah metabolisme): Berkontribusi untuk memperbaiki masalah diabetes, kemandulan, infertilitas, hiposeksualitas atau kurangnya dorongan seksual, nyeri menstruasi, dll.
  • Sistem pernapasan: Memulihkan bronkitis kronis, asma, batuk, dll.
  • Sistem saraf: Meringankan gangguan tidur, kelelahan, stres, insomnia, migrain, dll.
  • Penuaan: Menghapus radikal bebas dan sumber oksigen reaktif.
  • Sistem pencernaan (termasuk hati, kandung empedu, dan pankreas): Menyembuhkan maag gastrointestinal, sirosis hati, hepatitis akut, dll.

 

Gambar terkait

Cara mengonsumsi biji mahoni

Sebelum mengonsumsi biji mahoni, minum 1-2 gelas air untuk membersihkan perut sehingga proses penyerapan akan lebih baik. Biji mahoni dapat dikonsumsi baik sebelum maupun setelah makan.

  • Untuk memelihara kesehatan tubuh: Konsumsi satu biji mahoni (ukuran kecil/sedang) atau satu kapsul biji mahoni setiap pagi dan malam hari.
  • Untuk penyakit kronis: Konsumsi 2 biji mahoni (ukuran sedang) atau 2 kapsul biji mahoni setiap pagi, siang dan malam.

Anda dapat langsung menelannya atau menggigitnya hingga menjadi potongan kecil lalu telan dengan air. Ketika Anda menggigitnya, Anda akan merasakan rasa yang sangat pahit, namun hal itu dapat mempercepat penyerapan pada tubuh.

 

 

 

Referensi

https://doktersehat.com/manfaat-buah-mahoni/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/mengenal-biji-mahoni-dan-segudang-khasiatnya-untuk-kesehatan/

8 thoughts on “Manfaat Biji Mahoni”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s