Fabel

Kisah Kelinci dan Harimau

Di hutan negeri Thailand, hidup seekor kelinci pincang. Kaki membuatnya sulit berjalan dan mencari makanan.

Suatu hari, ketika hendak minum di sungai, dilihatnya seekor kambing tua tergeletak lemah. Kelinci heran. Ternyata kambing itu buta. Setelah membantu kambing itu minum, kelinci mengajukan usul, “Mengapa kita tidak saling membantu? Kamu buta. Aku pincang. Jika aku naik ke punggungmu, aku bisa menggunakan kakimu untukku.”

Setelah berpikir sejenak, kambing pun setuju. Maka mereka saling berteman. Suatu hari, mereka bertemu ibu gajah. Ia sedang duduk di pinggir jalan sambil berlinang air mata. “Apa yang terjadi?” tanya kambing dan kelinci hampir bersamaan.

“Pagi tadi ketika aku mencari makanan untuk anakku, harimau menangkapku. Dia ingin memangsaku. Tapi aku akan berpamitan pada anakku,” kata ibu gajah. Kata harimau, “jika aku berjanji kembali lagi mala mini ia mengizinkaku. Aku setuju. Dan sekarang aku menunggu harimau.”

Mendengar kisah itu, kelinci jadi marah. “Jangan khawatir, kami akan membantumu,” katanya. Ia berpikir sejenak. Lalu disuruhnya gajah berbaring, sementara ia naik ke punggung gajah dan bertingkah seolah sedang memangsanya.

Tak berapa lama, harimau muncul. Tetapi yang dilihatnya kelinci yang sedang memangsa ajah mati. Ia pun marah. “Gajah ini milikku. Mengapa engkau memakannya?”

“Mengapa engkau bertanya seperti itu? Aku mendapatkannya terlebih dahulu. Ini gajahku!” kata kelinci galak.

Harimau terkejut mendengar kelinci bicara begitu berani, sebab biasanya kelinci itu penakut. “Bagaimana kau membunuh dan memakannya? Kau kecil dan lemah.”

“Kau pikir aku kelinci biasa? Pernahkah kau lihat kelinci biasa membunuh gajah? Jika seekor kelinci dapat membunuh seekor gajah, ia pun pasti bisa membunuh harimau. Pergilah dan jangan mengganngguku!” seru kelinci sambil meloncat turun.

Harimau ketakutan dan lari meninggalkan mereka. Gajah tersenyum senang. “Terima kasih, sahabat. Sekarang aku akan kembali pada anakku dan menceritakan apa yang telah kalian lakukan.” @@@

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s